11 Cara Bikin Motor Kilap

Ingin body motor kalian mengkilap seperti baru lagi tapi khawatir soal budget? Memang kalau hasilnya lebih maksimal, kebanyakan orang bakal gunakan jasa salon motor. Ya meskipun terkadang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tapi tau nggak sih, bisa kok kalian mengkilapkan bodi motor kusam sering hujan dan kepanasan balik seperti baru lagi dengan budget yang murah.

Tips Bikin Motor Kilap

Sebenarnya membuat motor selalu tampak kincong tidaklah sulit. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda coba agar motor Anda selalu tampak bersih dan kinclong:

Rajin Mencuci dan Mengelap Motor

Kebiasaan mencuci motor perlu Anda tanamkan jika ingin memiliki motor yang senantiasa kinclong. Tidak perlu setiap hari, jika tidak terlalu kotor Anda bisa melakukan pengelapan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada body motor Anda. Hal ini sangat membantu membuat motor Anda selalu bersih dan tampak mengilat.

Jangan Gunakan Detergen untuk Mencuci Motor

Banyak orang beranggapan mencuci motor dengan detergen menjadikan motor lebih bersih. Anggapan tersebut sepenuhnya adalah mitos, detergen justru akan membuat motor Anda tampak kusam karena zat yang terkndung dalam detergen memudarkan warna cat dan tidak cocok digunakan untuk body motor yangberbahan fiber. Gunakan shampo khusus untuk motor anda, kandungan dalam shampo motor tentu saja sudah disesuaikan dan akan mempertahankan warna cat sehingga tidak mudah pudar.

Bersihkan Motor secara Detail dan Menyeluruh

Saat mencuci motor, usahakan membersihkannya secara mendetail. Kebanyakan orang mencuci motor hanya dengan membersihkan body dan bagian motor yang terlihat saja. Padahal sebenarnya mesin dan komponen metal lainnya yang tampak juga bisa Anda buat mengkilap.

Saat mencuci gunakan sikat gigi bekas dan kuas untuk mencapai sudut-sudut sempit. Penggunaan sikat gigi bekar ini akan menghindarkan motor and ari goresan, dengan tekanan penyikatan yang tepat juga bisa mengkilapkan mesin motor yang ideal adalah tanpa melukai mesin tersebut.

Jika bodi motor atau bagian mesin motor Anda terkena rembesan oli, aoalagi sudah tercampur dengan debu dan motoran. Noda ini akan sulit sekali dihilangkan. Cara mudah untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi bensin. Pastikan Anda berhati-hati saat melakukannya.

Hindari Terkena Air Hujan

Ketika Anda kehujanan, segera cuci motor Anda. Air hujan yang dibiarkan mengering dan menempel terlalu lama mengakibatkan cat motor Anda menjadi kusam dan mesin motor Anda berkarat. Jika belum sempat mencuci motor Anda, jangan langsung mengelap air hujan yang menempel. Debu-debu yang sebelumnya menempel atau cipratan tanah yang menempel saat hujan akan menggores body motor Anda jika langsung dilap.

Sebaiknya jangan menunggu sampai air hujan itu kering, jika belum sempat mencuci minimal segera bilas motor Anda dengan air bersih secara merata. Pastikan semua bagian tersiram dan kotoran hanyut baru dilakukan pengelapan.

Poles Motor Secara Berkala

Setelah dicuci Anda dapat mengkilapkan body motor Anda dengan memolesnya menggunakan polish wax. Polish wax ini menjadikan bosy motor Anda licin dan mengilap, sehingga debu tidak akan mudah menempel. Gunakan juga polish wax untuk mengilapkan bagian mesin dan bagian berbahan kulit jeruk seperti dashboard. Cairan ini mempertahankan warna dashboard Anda agar tidak terlihat kusam.

Pilih Parkir di Area yang Teduh

Sinar matahari juga merupakan musuh utama cat motor. Terlalu sering memarkirnya di tempat yang panas membuat cat motor menjadi cepat kusam dan pudar. Jika Anda kesulitan mencari tempat yang teduh untuk parkir Anda dapat menyiasatinya dengan membawa dan memasang cover motor saat parkir di tempat panas.

Membersihkan Bagian Motor dari Minyak Rem

Pernahkah Anda melihat motor teman atau motor Anda sendiri terkena minyak yang berasal dari rem? Jika pernah, maka alangkah baiknya Anda tidak mengabaikan hal demikian. Segeralah ambil air bersih lalu lap bagian motor yang terkena minyak rem.

Hal itu penting dilakukan karena jika minyak rem dibiarkan terus menempel di salah satu bagian motor, maka cat motor Anda akan cepat hilang atau terkelupas. Alhasil tampilan motor Anda pun menjadi tidak menarik lagi.

Sebaiknya, Anda sering mengecek motor apakah terkena minyak rem atau tidak. Jika terkena segeralah untuk membersihkannya.

Menggunakan Skotlet

Apa itu skotlet? Dan apa hubungannya dengan body motor? Skotlet adalah stiker dengan berbagai macam jenis dan pilihan. Misalnya skotlet yang polos, batik, animasi, transparan dan lain sebagainya yang biasanya digunakan untuk menutup bagian body motor asli.

Dengan memasangkan skotlet, tentu akan semakin membuat body motor Anda lebih menarik dan bagian yang kusam serta sulit dihilangkan bisa tertutupi dengan terpasangnya stiker ini.  Lalu, keuntungan lainnya adalah, body motor Anda tidak akan langsung lecet ketika jatuh, karena skotletnya lah yang lecet.

Selain itu, ketika Anda ingin melepas skotlet, maka motor akan tampak seperti baru. Tentu dengan catatan motor sudah di skotlet sebelum mulai dipakai. Skotlet ini juga mudah sekali didapatkan karena banyak dijual di pinggiran jalan. Ini adalah salah satu cara mengkilapkan body motor yang sangat mudah.

Sering Mengelap Body Motor

Cara mengkilapkan body motor yang kusam bisa dengan cara sering mengelapnya. Hal ini sangat mudah sekali dilakukan karena bisa diterapkan kapan saja dan dimana saja. Mengapa hal demikian penting dilakukan? Motor yang Anda bawa setiap hari tentu mengangkut debu-debu di jalanan.

Jika hal itu dibiarkan, maka lama kelamaan motor Anda akan tampak menjadi kusam. Oleh karena itu, lakukanlah cara mudah ini setiap hari agar motor tetap bersih. Pemilihan kain juga tidak boleh sembarangan dalam hal ini. Gunakanlah kain khusus untuk mengelap motor.

Tentu akan percuma saja jika kain yang digunakan bekas mengelap sesuatu karena itu tidak akan membantu menghilangkan debu, melainkan menambah kotoran. Jangan kasar juga ketika mengelap body motor. Lakukanlah secara perlahan dan hati- hati.

Ketika Mencuci Motor Jangan Gunakan Detergen

Anda memang harus rutin mencuci motor, misalnya satu atau dua kali dalam seminggu akan tetapi jangan asal mencuci motor karena itu bisa menyebabkan tampilan body motor tidak menarik lagi. Hilangkan kebiasaan untuk mencuci motor dengan menggunakan detergen.

Mengapa demikian? Karena detergen bisa dengan cepat membuat cat motor Anda mengelupas dan semakin kusam. Gunakanlah shampo motor dan air bersih ketika akan mencucinya, karena hal tersebut aman untuk kendaraan Anda.

Membersihkan Komponen Metal Pada Motor Anda

Cara mengkilapkan body motor seperti baru yang terakhir adalah dengan membersihkan komponen metal pada motor Anda. Yang dimaksud dengan komponen metal diantaranya seperti knalpot, pelek, mesin dan lain sebagainya. Bagian ini juga tidak kalah penting agar memperindah tampilan motor.

Komponen metal memiliki fungsinya tersendiri sehingga Anda harus benar-benar merawatnya dengan baik agar tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan gunakan sikat kawat ataupun alat yang bisa membuat benda ini menjadi karatan.

Produk Menarik Lainnya:

WK Cleaner

WK Cleaner adalah perusahaan penyedia produk cairan pembersih dan perawatan kendaraan bermotor yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri pembersih dan perawatan, WK Cleaner terus berinovasi, meningkatkan mutu, dan menjaga standar produk terbaik untuk memberikan hasil maksimal pada kendaraan bermotor Anda.

Pilihan Produk Bikin Motor Kilap

Insta Sparkling 500ml

bikin motor kilap

Nomor resmi: KEMENKES RI PKD 20320023880

Insta Sparkling adalah pengkilap body motor dan mobil dengan efek daun talas (Hydropobic) serta merupakan satu-satunya produk perawatan kendaraan bermotor buatan asli Indonesia yang memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI.

Spesifikasi Insta Sparkling:

  • Pengkilap multifungsi yang memiliki daya kilap tinggi seperti kaca
  • Kandungan Carnauba Wax-nya mampu mengurangi risiko terjadinya spiderweb/goresan halus
  • Memiliki efek daun talas (Hydrophobic) yang mampu menahan air dan kotoran sehingga daya kilapnya bertahan lama
  • Aman melapisi body kendaraan untuk jangka panjang dan 100% aman tidak akan merusak permukaan cat

Dapat digunakan untuk:

  • Body motor
  • Body mobil
  • Helm
  • Body kasar/halus

WK Cleaner adalah satu-satunya penyedia produk perawatan kendaraan bermotor buatan Indonesia yang memiliki izin edar resmi dari Kemenkes RI. WK Cleaner memiliki produk pengkilap body motor dan mobil khusus yang dapat memberikan hasil maksimal untuk kendaraan bermotor kita.

Xpress Wash 250ml

sabun bikin motor kilap

Xpress Wash adalah cairan sabun pencuci motor dan mobil tanpa air (Waterless Wash & Wax). Xpress Wash dapat sekaligus mengkilapkan dan memberi efek daun talas (Hydrophobic), serta melubrikasi atau melicinkan permukaan kendaraan Anda sehingga meminimalisir terbentuknya baret halus akibat gesekan saat proses pencucian.

Spesifikasi Xpress Wash:

  • Dapat digunakan tanpa air. Cepat dan praktis
  • Memiliki efek daun talas (Hydrophobic)
  • Dapat melicinkan permukaan dan menghindari timbulnya baret saat proses pencucian

Dapat digunakan untuk bagian:

  • Seluruh bagian/panel kendaraan

WK Cleaner adalah satu-satunya penyedia produk perawatan kendaraan bermotor buatan Indonesia yang memiliki izin edar resmi dari Kemenkes RI. WK Cleaner memiliki produk pembersih motor instan khusus yang dapat memberikan hasil maksimal untuk kendaraan bermotor kita.

Kami memahami bahwa kendaraan bukan hanya tunggangan semata, melainkan kawan yang akrab dengan kita semua. Sebagaimana kawan, berilah ia produk pembersih dan perawatan terbaik. Jadi, sudah siap #MengkilapDalamSekejap dengan WK Cleaner?

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this
Promo Terbatas Produk Perawatan Mobil & Motor (Chat Via Whatsapp)